Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemanfaatan Limbah Kulit Jeruk dan Campuran Tembakau Sebagai Alternatif Sumber Energi Masa Depan

Bioetanol dapat diolah dari berbagai jenis tanaman berpati dan berserat. Ethanol yang diciptakan dari produk limbah jeruk dan campuran tembakau dengan cara menggunakan enzim yang berasal dari tembakau yang bisa menghancurkan kulit jeruk dan material lainnya menjadi bentuk gula. Produk gula yang dihasilkan kemudian difermentasi dan akhirnya jadilah ethanol .Tembakau dipilih sebagai tanaman ideal untuk memproduksi enzim karena beberapa alasan. Pertama karena tembakau bukan produk pangan, kedua karena produksinya sangat berlimpah dan ketiga, penggunaan tembakau sebagai bahan penghasil enzim bisa mengurangi produksi rokok dan jumlah perokok. 

Kulit jeruk dipilih sebagai bahan pembuatan etanol karena  dapat menyelesaikan sampah yang menggunung . sampah merupakan penyumbang emisi sampah mengakibatkan sampah organik yang tertimbun mengalami dekomposisi secara anaerobik, dan proses itu menghasilkan gas CH4 (metana). Metana sendiri mempunyai kekuatan merusak hingga 20-30 kali lebih besar daripada CO2. Sampah menghasilkan gas metana (CH4) dengan komposisi rata-rata tiap satu ton sampah padat menghasilkan 50 kg gas metana. Sehingga dengan mengolah limbah kulit jeruk menjadi bahan bakar dapat mengurangi gas metana.

Selain itu limbah kulit jeruk sangat berlimpah. misalnya,di Brazil yang merupakan produsen jus jeruk terbesar  di dunia,setengah buah jeruk tersisa sebagai limbah setelah jus dihasilkan. Itu berati ada sekitar delapan juta ton kulit jeruk per tahun yang dapat digunakan untuk memproduksi bioetanol.

Produktifitas rata-rata bioetanol 5.000 liter/ha per- tahun, konsumsi seluruh bensin sebesar 16 juta kilo per-tahun (tahun 2005) dapat diproduksi dengan budidaya bahan baku seluas 3,2 juta hektar saja (1,7% dari luas daratan Indonesia). Dengan menggunakan bioetanaol dapat mengurangi pemakaian bahan bakar fosil yang menghasilkan emisi gas buang yang lebih banyak. Sehingga bioetanol dapat menjadi sumber energy masa depan yang terbaharukan dan ramah lingkungan.

 


Post a Comment for "Pemanfaatan Limbah Kulit Jeruk dan Campuran Tembakau Sebagai Alternatif Sumber Energi Masa Depan"