Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Kinetika Kimia dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya

Pengertian Kinetika Kimia

Kinetika kimia merupakan salah satu cabang ilmu yang mempelajari tentang kecepatan reaksi kimia dan mekanisme proses reaksi kimia yang terjadi. Kelajuan perubahan kimia yang terjadi diartikan sebagai Kecepatan reaksi dan serangkaian langkah-langkah perubahan keseluruhan reaksi yang yang terjadi diartikan sebagai mekanisme reaksi.

Kebaanyakan dalam proses reaksi kimia, kinetika kimia hanya mendeteksi bahan dasar permulaan yang telah bereaksi menjadi produk kimia. Hal ini membuktikan pengamatan reaksi yang dapat diamati hanya reaksi keseluruhan. Pada kenyataannya reaksi bisa terjadi dari beberapa reaksi yang berurutan hingga didapatkan produk dari reaksi yang terjadi.

Pada pembahasan reaksi-reaksi kimia, penting untuk kita dapat membedakan "Keseluruhan Reaksi" dengan "Satu Langkah Reaksi".

Jika suatu reaksi kimia yang terjadi dalam beberapa langkah reaksi, maka kemungkinan yang terjadi didapatkan spesies perantara yang dibentuk yang tidak dapat dideteksi karena digunakan untuk reaksi yang selanjutnya. Meskipun begitu, jika kita mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kelajuan suatu reaksi maka spesies perantara dapat kita deteksi.

Lantas apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kelajuan suatu reaksi kimia?. Dari berbagai percobaan-percobaan yang dilakukan oleh banyak peneliti menunjukan terdapat 4 faktor yang mempengaruhi kelajuan suatu reaksi kimia, yaitu:

  1. Sifat Pereaksi
  2. Konsentrasi Pereaksi
  3. Suhu/Temperatur
  4. Katalisator

Post a Comment for "Pengertian Kinetika Kimia dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya"