Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Berbagai Jaringan Komputer

MENGENAL JARINGAN KOMPUTER

Jaringan komputer dibangun bertujuan untuk dapat menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain serta berbagai perangkat elektronik lainnya. Penghubungan tersebut dimaksudkan untuk dapat berbagi sumber daya, dan berkomunikasi antar perangkat komputer ataupun perangkat elektronik lainnya.

Komunikasi menjadi aktivitas utama di era ini, hal ini didukung dengan berkembangnya perangkat komputer.

1.      Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan Komputer dapat diartikan dengan sekumpulan komputer yang dihubungkan bersama-sama sehingga dapat melakukan proses berbagi sumber daya, berkomunikasi. Berkomunikasi, berbagi sumber daya yang dilakukan oleh 2, atau 3 perangkat komputer merupakan Jaringan komputer. Jaringan komputer dapat mencakup ke seluruh dunia yang dinamakan internet.

Jaringan komputer dibangun untuk berbagi sumber daya. Berbagi sumber daya dalam skala kecil bisa kita lihat pada jaringan komputer perkantoran yang memungkinkan pegawai melakukan proses berbagi sumber daya dengan pegawai lainnya.

Istilah yang harus dipahami dalam jaringan komputer

a.       Node merupakan istilah yang digunakan untuk perangkat yang terhubung ke jaringan. Node biasaya adalah komputer, akan tetapi node juga dapat berupa perangkat keras (hardware) yang terhubung ke dalam jaringan seperti printer, scanner, dan mobile phone.

b.      Segment merupakan bagian dari komputer yang dipisahkan oleh switch, bridge, atau router dari bagain lain jaringan.

c.       Backbone merupakan kabel utama dari jaringan yang menjadi segmen-segmen jaringan yang lain terhubung dengannya. Proses transfer data dengan menggunakan backbone dapat mencapai kecepatan 10 Mbps hingga dengan 100 Gbps.

d.      Network Interface Card (NIC) merupakan perangkat yang digunakan perangkat atau gadget agar dapat terhubung dengan perangkat lainnya. NIC biasanya berupa jaringan ethernet card kecepatan transfer datanya dapat mencapai 10 Mbps hingga 100 Mbps.

e.       Media Access Control (MAC) address merupakan alamat fisik yang dimiliki oleh perangkat yang terhubung ke jaringan. Alamat MAC biasanya terdiri atas 6 bytes, dengan 3 bytes pertama merupakan identitas dari pembuat NIC, sedangkan 3 bytes berikutnya adalah nomor seri dari NIC.

f.       Unicast merupakan proses pengiriman paket dari satu node ke node yang lain dengan syarat terhubung ke jaringan.

g.      Multicast merupakan proses pengiriman paket data dari suatu node yang ditujukan ke node tertentu dengan syarat terhubung ke jaringan dan sudah terdaftar dalam alamat tujuan yang dikirim paket data.

h.      Broadcast merupakan proses pengiriman data yang dikirimkan ke seluruh jaringan node.

2.      Berbagai Jenis Jaringan

Jaringan komputer dapat dibedakan menjadi dua, Jaringan Kabel dan Jaringan Tanpa Kabel/ Nirkabel (Wireless Network). Jaringan Kabel adalah jaringan yang menghubungkan satu komputer dan komputer lainnya dengan menggunakan kabel, sedangkan Jaringan Nirkabel merupakan jaringan yang menghubungkan satu perangkat komputer satu dengan perangkat komputer lainnya melalui gelombang radio.

a.      Local Area Network (LAN)


Local Area Network (LAN) merupakan jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer yang berada dalam satu gedung atau ruangan. LAN memungkinkan untuk melakukan proses berkomunikasi, berbagi data, maupun perangkat seperti printer maupun scanner. Berikut ini adalah jenis jaringan komputer atau perangkat yang cakupan jaringannya setara dengan Jaringan LAN (Local Area Network)

1.      Wireless Local Area Network (WLAN)



2.      Personal Area Network (PAN)


3.      Virtual Private Network (VPN)

4.      Campus Area Network (CAN)

 


b.      Metropolitan Area Network (MAN)


Jaringan ini dapat menghubungkan perangkat dengan cakupan jaringannya sampai satu kota. Contohnya, jaringan MAN antar satu instansi pemerintah dengan instansi pemerintahan lainnya dalam satu kota.

c.       Wide Area Network (WAN)


Jaringan WAN merupakan jaringan komputer yang sangat luas, dapat mencakup negara atau benua.

d.      Internet

Internet merupakan kumpulan jaringan komputer yang mencakup antar negara maupun benua. Internet merupakan bagian jaringan nirkabel yang besar jika dilihat dari cakupan geografisnya karena merupakan kumpulan LAN, MAN, dan WAN.

e.       Intranet

Intranet merupakan jaringan pribadi (private) yang dikhususkan untuk menghubungkan jaringan komputer-komputer dan perangkat keras (hardware) milik organisasi tertentu di berbagai lokasi. Jaringan ini disebut juga EPN (Enterprise Private Network).

Post a Comment for "Mengenal Berbagai Jaringan Komputer "